Saturday, January 21, 2006
Menjadi Orang Paling Kaya

''Ridhalah dengan apa yang dibagikan Allah SWT untukmu, niscaya engkau menjadi orang yang paling kaya.'' (HR Turmudzi). Penggalan hadis Rasulullah SAW di atas merupakan bentuk nyata betapa susahnya menumbuhkan rasa qanaah atau merasa cukup. Hadis itu mengandung maksud orang paling kaya adalah mereka yang qanaah atas apa pun pemberian Allah SWT. Betapa positif dan bermartabatnya hidup ini bila seseorang selalu merasa ridha dan cukup dengan segala kondisinya. Dengan qanaah, yang sedikit akan menjadi banyak dan yang banyak akan menjadi berkah.
Kesenangan tidak akan sempurna dan nikmat tidak akan menjadi besar kecuali dengan memutuskan angan-angan memiliki seperti yang dimiliki orang lain. Memang sebagai pebisnis maupun profesional kita harus bermimpi setinggi langit. Mimpi hanya akan menjadi harapan apabila disertai usaha yg sungguh-sungguh disertai tawakal kapada-Nya, namun hanya akan menjadi angan-angan apabila didominasi nafsu dan keinginan semata. Yang terpenting dan bernilai di hadapan Allah adalah apa yang kita kerjakan dan bagaiaman sikap kita menghadapinya, bukan pencapaian mimpi itu sendiri.
Sikap tidak menerima atas apa yang telah dimiliki, hanya akan menguras keterkaitan hati dengan Allah SWT. Akibatnya, kehidupan yang sebenarnya tidak akan bisa dirasakan. Allah SWT berjanji kepada orang yang hatinya dipenuhi keridhaan akan memenuhi hatinya dengan kekayaan, rasa aman, penuh dengan cinta, dan tawakkal kepada-Nya. Sebaliknya, bagi yang tidak ridha, hatinya akan dipenuhi dengan kebencian, kemungkaran, dan sikap durhaka.
Pantaskah sebagai seorang hamba mengaku kekurangan, sementara pada waktu yang sama, kita masih memiliki akal. Andai kata akal itu dibeli orang atau menukarnya dengan emas dan perak sebesar gunung, kita pasti enggan menerimanya. Kita memiliki dua mata yang sekiranya dibayar dengan permata sebesar Gunung Uhud, pasti tidak rela. Saat ini banyak orang enggan mengakui dan menyebut dirinya orang paling kaya. Kekayaan hanya mereka ukur dengan materi, banyaknya harta, dan pangkat yang tinggi.
Bersyukurlah atas nikmat hidayah Islam, akal, kesehatan, pendengaran, penglihatan, rezeki, keluarga, penutup (aib), dan nikmat lain yang tak terhitung. Sebab, di antara manusia itu ada yang kufur, hilang akalnya, terampas kesehatannya, dipenjara, dilumpuhkan, atau ditimpakan bencana. Kini saatnya untuk menyadari bahwa kita sebenarnya adalah orang yang paling kaya. Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki, sehingga hidup lebih bermakna, berkah, serta lebih berarti. Jadikanlah keridhaan itu dengan mengosongkan hati dari berbagai sangkaan dan membiarkannya hanya untuk Allah SWT.
posted by ~><~ ArIeN ~><~ @ 10:05 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Admin

Tentang Admin Nama : rO0wEe Lokasi : Cairo Egypt Hobby : Apa yang berkaitan dengan ArT HomeTown : Palembang About me : Orang yang selalu bergelut di bidang seni, yang bisa menyenangi hidupku dan hidup orang lain.

Detik Kebersamaan


Denger Mp3

Playlist Lagu
Rain Art
Art Section
Artikel Lama
Berita Terkini
Arsip Dokumen
Links
Message Box
Shout Box
Name :
Web URL :
Message :
smileys
Banner Art

Berkarya di dunia maya

Me On dA !yAh0o
roowee
- Admin
- Penghuni Art

B4nNer Fr1enDs
Siapa Yang Goblok Mari BerIseNg Ria Berkarya di dunia maya Linda Rumah Kito  Blognya Indonesian Muslim BloggerپE Siapa Yang boLot ARS PERSONAL WEBLOG Rumah[ku] afzan06 sodep - Link Me To Your Weblog !!! Link Kisah Klasik NOUSH [ M i A - DuckS ] Menjelajahi Dunia Kita
Nge-BloG Fr1enDs
Nama Qu
RRefined
OOrderly
OOutrageous
WWired
EEccentric
EEccentric

Tulis Nama :

TemenZ oN-liNe
StaT Site

Old
Navy Clothing Store
Telah dikunjungi sebanyak ini
Siapakah yang OL?

Nomor IP kamu:

Asal kamu dari:

Kamu berada di Negara:

Disini kedapatan pengunjung yang sedang berkeliling di blog ku

Media Informasi
jawapos.jpg
radarlampung.jpg 
palembangpos.jpg
jain.jpg
Affiliates
 
 

Copyright © 2005 _(¯`·._ArT $eCt!0N_.·´¯)_ Proudly powered by Blogger.
Entries (RSS) and Comments (RSS).